Tuesday, November 1, 2011

The Perfect House

"The Perfect House udah mau keluar di bioskop. Wohooooo!" Begitulah sekiranya ekspresi gw waktu menemukan link trailer film ini di wall facebook yang di post oleh Laddy Arianne sang Assistant Director yang kebetulan adalah junior gw di kampus.

Entah kenapa gw emang selalu excited sama film Indonesia dari dulu. Sampai gw punya predikat sendiri dari temen-temen dan saudara gw. Gyanda si-cuma-mau-nonton-bioskop-kalo-filmnya-film-Indonesia. Hahah. But it was damn true! Dulu gw suka males kalau diajakin temen atau saudara nonton film box office Hollywood di bioskop. Dari Harry Potter, Lord Of The Ring, Transformer, Narnia, Spiderman, Iron Man dan segala teman-teman seperjuangannya itu gak ada yg bikin gw tertarik. Ah, film kaya gitu mah mending nonton di DVD aja, pikir gw waktu itu. Tapi kalau ada yg ngajak gw nonton film Indonesia, gw pasti langsung excited kaya anak kecil di kasih iPad *anak2 jaman sekarang di kasih permen udah gak girang bok*. Hahah. Dulu partner nonton film Indonesia setia gw adalah Kara. Selesai nonton kita biasanya makan or nongkrong CUMA untuk ngebahas film yg abis kita nonton bak kritikus film profesional. Bahkan kalau kita pas lagi gak nonton bareng, kita tetep loh ngebahas film yg abis kita tonton kalau lagi ketemuan. Kalo dipikir-pikir sekarang NIAT jugaaa kita yaah Ra. Bhahaha. Tapi setelah kita disibukkan sm urusan kampus dan percintaan masing-masing udah gak pernah lagi deh. Hiks.. Kangen jugaa :( *jadi curhaaaaat :p

Oke, back to The Perfect House..

Sebenernya gw udah lama denger tentang film ini dari Laddy. Bahkan gw pernah ditunjukkin lokasi si "perfect house" itu di daerah puncak. Waktu itu Laddy dan pacar lagi shooting video clip juga di daerah situ. Dan rumahnya memang benar adanyaa.. serem bok! Gw jadi semakin penasaran sm film nya. Dan setelah gw nonton trailer nya dan baca review nya di timeline twitter, I know that it's gonna be gooood! Akhirnya setelah beberapa kali gagal, tadi guehh nonton jugakk di XXI PIM 1 bareng pacar. Kyaaaaaa! *dancing* Well, I'm going to give you a little review but no worries, It's not going to be spoiler :p


Sinopsis: Julie (Cathy Sharon) adalah seorang guru privat untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus. Setelah mengajar Angie, muridnya yang autis ringan, Julie ingin istirahat sejenak untuk menjernihkan pikiran dan mengatasi trauma atas kecelakaan yang terjadi pada orang tuanya. Namun, Nyonya Rita (Bella Esperanse), meminta Julie untuk memberikan pelajaran les privat kepada cucunya, Januar (Endy Arfian). Guru sebelumnya telah hilang. Ketika Julie mengetahui bahwa orang tua Januar juga tewas dalam kecelakaan, ia merasa empati dan setuju untuk menjadi guru Januar selama sebulan dan menahan ia dari rencana perginya. Namun, apa yang Julie alami di rumah tersebut menjadi jauh dari yang ia bayangkan. Sebuah rahasia yang sangat gelap tersembunyi di dalam rumah itu. Kehidupan Julie pun terancam selamanya. (Courtesy of www.filmindonesia.or.id)




Walaupun tadi telat 10 menit karena traffic Jakarta yang sangat tidak bersahabat hari ini *klise* gw tetep bisa ngerti jalan ceritanya. Mungkin kebantu sama trailer nya juga yah.. Dari awal gw udah jatuh hati sama tone nya yang classic yang juga didukung sm wardrobe dan settingan yang pas juga acting Bella Esperance yang oke bangats. Ada yg udah pernah nonton Rumah Dara? Nah, kurang lebih karakter Madam Rita (Bella Esperance) di sini sama kayak Ibu Dara (Shariffa Danish) di Rumah Dara. Dingin, misterius dan classy. Tapi menurut gw, acting Bella lebih juaraa! Gak terlalu dibuat-buat macam Danish. Dan si dedek Endy (Januar) kecil kecil acting nya ciamik juga. Dapet banget karakter "kaku" dan "dingin" nya. Cathy Sharon juga kayaknya gak mau kalah sama acting adik nya, Julie Estelle di Rumah Dara. Walaupun menurut gw acting Julie tetep lebih megang yah.. Anyway, doi cantik benerr di sini. Lumayan bikin pacar gw betah nonton terutama scene Cathy mandi. Plak! Haha. While, si Mike Lucock porsinya emang gak terlalu gede di sini. Dari awal sampai akhir film doi cuma mondar-mandir bawa cangkul sama karung tanpa ekspresi dan tanpa dialogue samsek. Enak yeeh kerjanya doih. Gak usah repot-repot afalin dialogue :p But as it's seen on the picture below, ekpresi nya dapet banget yah? Kalo kata pacar "tablo banget!" :)))


Dari awal film otak gw udah kerja nerka-nerka twist film ini. Maklum, film dengan twist itu favorite gueeh bgt. Gw suka bgt sm film-film yang bikin gw nebak-nebak ending nya bakal kaya apa. Sebenrnya sih ini bukan kebiasaan yg bagus yaaah. Pengennya tuh yaudah nonton aja deh nda, gak usah mikirin ending dulu. Dan bener aja.. gw udah bisa nebak twist nya bahkan sebelum masuk pertengahan film. Huhu. I fucking hate spoiler. And now me, myself being a spoiler for my own. Ergh! Rasanya sebel bangett. Entah karena gw yg terlalu banyak nonton film dengan twist-twist yg super unpredictable atau emang sang sutradara terlalu explisit ngasih clue-clue dan bocoran nya? Tapi perkiraan gw dan pacar pun sama. But really, kalau gw gak menebak "misteri" nya dari awal, film ini seruuu banget. Gw suka sama alur ceritanya. Walaupun ada beberapa masalah-masalah kecil yg lumayan bikin "Ck!". But I love the whole story. Not one of those so-kind-of-Indonesian-movie. Ibarat mini market ini kelas nya CK or 7/11 bukan Alfamart or Indomart. Casts, setting, wardrobe, make up all blend in one complete package. Sangat disayangkan twist nya kurang gigit dan bikin penasaran. Well at least for me and my boyfie :p But overall, it's a worth-to-watch movie. My suggestion, just enjoy the movie! Don't try to guess the twist nor the ending! Then you'll find it as one very interesting movie. Selamat nonton!


Loves,



Andaw

2 comments:

sellyanastri said...

Nda, aku suka sama Rumah Dara. Ngeliat review ini jadi pengen nonton juga. Hihi.

Gyanda Agtyani said...

Ahh, aku pun Chille. Iyaah wazip nonton ini jugaa walaupun gak se- slasher rumah Dara gitu sih Chill :D